Bahan Baku Pembuatan Bakso

Posted on Updated on

Bahan Baku Pembuatan Bakso Berkualitas

Bahan Baku Pembuatan Bakso | Daging Sapi

Daging Sapi
Daging Sapi

Bakso daging sapi sudah sangat populer. Hampir semua bakso yang beredar di pasaran adalah berupa bakso sapi. Konsumen sangat menggemari tekstur daging sapi yang kenyal dan sedikit berserat. Kadang-kadang, ukuran enak tidaknya produk bakso sering berpatokan pada rasa dan tekstur bakso daging sapi.

Membuat bakso daging sapi bisa menggunakan daging sapi segar atau daging sapi beku. Daging sapi segar bisa dibeli di pasartradisional, pasar swalayan, atau dari suplier. Jika tujuannya untuk bisnis, lebih disarankan membeli daging sapi dari suplier. Namun, jika kita tidak memiliki kenalan seorang suplier daging, lebih baik membelinya di pasar tradisional. Harga daging di pasar tradisional biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar swalayan.

Beberapa pedagang atau pembuat bakso lebih suka memilih daging sapi yang tanpa lemak karena tekstur bakso yang dihasilkan akan kenyal dan renyah. Lemak dan bagian otot bukan tidak bisa digunakan. Bagian ini bisa digunakan, tetapi akan menghasilkan tekstur dan rasa yang berbeda.

Selain daging segar, bahan bakunya bisa berupa daging sapi beku. Menghancurkan daging beku harus menggunakan alat pemotong khusus. Jika tidak ada, daging beku harus dicairkan dahulu selama semalam agar dagingnya lembek. Namun, jika ingin hasilnya maksimal dan diusahakan pada skala besar, disarankan menggunakan mesin pemotong daging sapi beku sehingga
penurunan mutu pada proses pencairan bisa dihindari. Mutu daging dipengaruhi oleh suhu. Pada suhu yang dingin, pertumbuhan bakteri bisa dihambat sehingga daging sapi tidak mudah rusak.

Paket Mesin Bakso

Advertisements

Tips Membuat Bakso

Posted on Updated on

Tips Membuat Bakso

Tips Membuat BaksoCara Membuat Bakso

  1. Pilih daging sapi dari sapi jantan yang masih segar, yakni yang tidak lebih dari 6 jam setelah dipotong. Bila daging tidak segar, kekenyalan daging yang diinginkang tidak akan didapat.
  2. Gunakan bagian daging sapi yang berserat halus seperti bagian paha belakang, paha depan, gandik dan tanjung.
  3. Pastikan pisau blender atau mesin penghalus daging dalam keadaan tajam, sehingga proses penghalusannya dapat sempurna.
  4. Letakkan es batu di tepi blender atau mesin penghalus daging, jadi posisi daging berada ditengah-tengah es batu.
  5. Sebaiknya daging sapi tidak perlu dicuci, maka dari itu setelah daging dipotong perhatikan kebersihannya dan langsung bungkus menggunakan kain bersih.

Bahan Pengenyal Bakso Yang Aman

Posted on Updated on

Bahan Pengeyal Bakso Yang Aman

Cara Membuat Bakso

Belakangan ini, banyak merebak isu pemakaian borax sebagai bahan pengenyal bakso yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini. menjadi kekhawatiran konsumen serta menjadi tantangan bagi produsen bakso untuk mengembalikan kembali kepercayaan konsumen. Untuk itu, perlu diketahui cara membuat bakso dengan menggunakan bahan-bahan yang aman.

Pengenyal bakso yang aman yaitu STPP atau Sodium Tripoly PoshPate. Bahan ini dapat mempertahankan kadar air dalam daging dan memperbaiki tekstur daging. Yang perlu diperhatikan, di pasaran terdapat dua jenis STPP. Yang pertama STPP technical grade dan yang kedua STPP foodgrade. STPP technical grade sendiri, sering digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan detergen, sementara yang digunakan untuk bahan tambahan pembuatan bakso menggunakan STPP food grade. Meskipun dari segi harga STPP food grade lebih mahal dari STPP technical grade, namun STPP food grade aman untuk dikonsumsi.

STPP food grade dapat eingkatkan kekenyalan bakso serta menstabilkan aroma dan warna daging. Disamping itu, STPP foodgrade ini menjaga kelembaban daging yang kemudian bisa menghambat tumbuhnya bakteri dalam daging sehingga dapat memperpanjang masa simpan bakso.

Bahan tambahan lain untuk bakso yang lebih baik hasilnya adalah Phosmix MP. Phosmix MP sendiri, terbuat dari campuran STPP food grade, sodium hexa metaphosthat dan tetra kalium pyrophosphate. Bahan-bahan tersbut dapat diperoleh di toko bahan makanan.

Untuk pembuatan bakso sapi, siapkan bahan – bahan berikut :

  • Daging sapi segar 1000 gram
  • Tepung tapioka 100-200 gram
  • Es batu 200-300 gram
  • Merica bubuk secukupnya
  • Bawang putih bubuk secukupnya
  • STPP food grade / Phosmix MP 2,5 gram

Cara membuatnya sendiri cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya :

Pertama, bersihkan daging dari lemak dan urat-uratnya lalu potong kecil-kecil.

Kedua, tambahkan bawang putih, sebagian es batu dan STPP food grade/Phosmix MP ke dalam daging yang telah dipotong-potong. Haluskan dengan blender atau mesin penghalus daging (Meat Grinder).

Ketiga, Masukan sisa es batu dan garam sambil dihaluskan kembali. Kemudian tambahkan tepung tapioca dan merica bubuk. Proses ini, bisa dibantu juga dengan mesin khusus untuk mencampur adonan daging agar lebih bagus hasinya yang disebut meat mixer.

Terakhir, cetak bakso menjadi bulat dengan ukuran yang diinginkan. Proses pencetakan ini bisa dengan cara manual menggunakan sendok atau tangan, bisa juga menggunakan mesin pencetak bakso yang tentu lebih higienis dan efisien.